Header Priangan

Masa Jabatan Lurah (Mantan Kades) Bisa Diperpanjang Empat Tahun

Saturday, 06 Apr 2013 | 14:00:12 WIB

SERANG, (KB).-
Masa jabatan lurah (mantan kepala desa) bisa diperpanjang sampai empat tahun. Hal itu, jika desa bersangkutan berubah statusnya menjadi kelurahan. Hal itu tercantum dalam Raperda Perubahan atas Perda No. 15 Tahun 2010. Namun demikian, ada kriteria khusus yang harus diperhatikan dalam pemberian perpanjangan jabatan tersebut.
Ketua Pansus DPRD Kota Serang Namin mengatakan, wali kota dapat memperpanjang masa jabatan dengan memperhatikan prestasi kerja lurah bersangkutan. Selain itu, pemberian perpanjangan masa jabatan tersebut juga merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja lurah. “Selain sebagai reward, perpanjangan masa jabatan tersebut juga digunakan untuk mempersiapkan calon-calon PNS yang akan ditempatkan,” kata Namin, Jumat (5/4).
Menurut Namin, perpanjangan jabatan lurah itu berlaku bagi lurah yang sebelumnya menjadi kepala desa (akibat perubahan status desa menjadi kelurahan). Dalam perda tersebut disebutkan, jika desa berubah status menjadi kelurahan maka kepala desa diangkat menjadi penjabat lurah sampai masa jabatannya berakhir. Jika setelah berakhir masa jabatanya belum ada pejabat definitif maka pejabat lurah bisa diperpanjang paling lama empat tahun.
Ketua DPRD Kota Serang Nuraeni mengatakan, perda tersebut merupakan inisiatif dari DPRD untuk memberikan nilai motivasi dan mendorong kinerja para lurah, juga sebagai reward bagi lurah yang berhasil.
Terkait tolok ukur kinerja untuk pemberian perpanjangan masa jabatan, Nuraeni mengatakan, juga diatur dalam raperda. “Tolok ukur tersebut antara lain akselerasi pembangunan, pelayanan publik yang prima, dan kesejahteraan rakyatnya. Intinya kualitas pelayanan publik,” kata Nuraeni.
Selain mengesahkan Raperda perubahan tersebut, sidang Paripurna DPRD Kota Serang juga mengesahkan dua Raperda lainnya, yaitu Raperda tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Lembaga Teknis Daerah dan Raperda tentang Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau. (Vanny-Job)***

Dibaca : 982 kali
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.