Header Priangan

STIE Bina Bangsa Siapkan Mahasiswa Berkarakter

Monday, 03 Oct 2011 | 05:01:22 WIB

Terkait

SERANG, (KB).-
Pelaksanaan Orientasi Mahasiswa Baru (OSMABAR) angkatan ke-V tahun 2011 telah dilaksanakan selama tiga hari yg dimulai dari tanggal 29,30 september-1 oktober 2011, dibuka oleh Wakil Walokota Serang bapak H. Nana Suryana, M.Si di dampingi oleh Sekretaris Kota Serang bapak Drs. H. Sulhi dan Staf Ahli Walikota Serang sekaligus Pembina STIE Bina Bangsa bapak Drs. H. Hafidi, MM. jumlah peserta yang diterima dan mengikuti kegiatan pada tahun ini sebanyak 864 orang. Secara garis besar penyampaian materi di bagi dua bagian pertama kegiatan Indor (dilokasi kampus Baru) di Pakupatan, Materi yang disajikan meliputi 1). pengenalan Lingkungan Kampus, Kegiatan akademik, tugas dan tanggungjawab serta hak dan kewajiban mahasiswa, 2). pemahaman pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) disampaikan oleh Komando Resort Militer (KOREM) 064 Maulana Yusuf Banten, 3). Pemahaman tentang bahaya NARKOBA disampaikan oleh (Badan Narkotika Nasional) Banten, 4). pengenalan seni budaya Banten disampiakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten sekaligus menampilkan atraksi budaya Rampak Bedug dari Pandeglang dan Permainan Debus dari Paguron Surosowan Banten, Pembangunan Karakter Kemahasiswaan di sampaikan oleh Prof. Dr. H. Soleh Hidayat, M.Pd Kepala LPPM Untirta sekaligus sebagai Rektor Terpilih Untirta Banten.
Pesan sambutan Ketua Yayasan bina Bangsa bapak Furtasan Ali Yusuf, Alhamdulillah bahwa STIE Bina Bangsa telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat secara luas, baik dari banten maupun luar banten terbukti grafik mahasiswa baru dari tahun ke tahun terus meningkat. Dan sekalian menjanjikan pada akhir tahun ini semua perkuliahan akan dipindah di kampus Baru lantai III yang lebih representative.
Kedua kegiatan Outdor yaitu dilaksanakan di alam (Outbond), lokasi yang dimabil di Baitul Hamdi Menes Kabupaten Pandeglang, dalam kegiatan Oubond ini banyak hal yang dipelajari seperti 1). Menerapkan konsep Kepemimpinan (Leadeship), kerjasama (Teamwork), ketangkasan fisik, penyelesaian masalah (problem solving) dan penjelajahan (hiking).
Kegiatan di tutup oleh Ketua Yayasan Bina Bangsa Bapak Furtasan Ali Yusuf, sekalian berpesan agar menjaga nama baik almamater dan akan mempertahankan prestasi yang telah di capai bahkan akan meningkatkan.
Lebih dinamis
Harapan yang sama juga muncul dari Ketua STIE BB, Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, MT. Melalui kegiatan Osmabar tahun 2011 diharapkan mahasiswa baru mampu menyiapkan diri dan beradaptasi dengan dunia kampus di perguruan tinggi serta mampu mengenal lebih dekat dan memahami visi misi STIE Bina Bangsa, peraturan tatakelola dan peraturan akdemik yang akan memberikan bekal berharga dan motivasi untuk menyiapkan diri menjadi mahasiswa STIE Bina Bangsa yang berkarakter, bersungguh-sungguh untuk menjadi yang terbaik dan siap menjadi lulusan STIE Bina Bangsa yang berkualitas.
"Kami atas nama civitas akademika STIE Bina Bangsa menyambut dengan rasa bangga kepada putera-puteri terbaik bangsa yang telah terseleksi masuk sebagai mahasiswa-mahasiswi STIE Bina Bangsa. Anda semua memasuki babak baru dunia pendidikan tinggi dengan segala dinamikanya untuk menyongsong masa depan yang lebih baik dari saat ini," katanya.
Sementara itu, Ketua BEM STIE Bina Bangsa, Mahdalena mengatakan, orientasi mahasiswa baru (Osmabar) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh STIE Bina Bangsa Banten sebagai wahana silaturahmi dan saling mengenal antara mahasiswa baru dengan civitas akademika (ta'aruf), jika di masa yang lalu kegiatan orientasi acapkali di isi oleh kegiatan yang lebih cenderung pada kegiatan perpeloncoan yang kental dengan nuansa kekerasan dan sering mengabaikan hak-hak mahasiswa baru.
"Dengan semangat demokrasi, saya berharap mahasiswa baru dapat memasuki dunai yang baru yakni masyarakat ilmiah ataukomunitas akademik yaitu perguruan tinggi. Untuk proses adaptasi bagi mahasiswa baru di perguruan tinggi akan dijalani melalui pengenalan kehidupan akademik dan sosial kemahasiswaan yang lebih humanis baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus," kata Mahdalena. (H-32)***

Dibaca : 1626 kali
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.