Header Priangan

Gedung Kwarda Minim Sarana Prasarana

Monday, 09 Jan 2012 | 10:31:06 WIB

Terkait

SERANG, (KB).-
Ketua Harian Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Provinsi Banten Cepi Safrul Alam mengatakan, pengurus akan menggelar sumbangan untuk mengisi sarana prasarana, di Gedung Kwarda Banten, yang baru diresmikan sekitar 4 Oktober 2011, dan mulai ditempati hari ini, yang saat ini masih minim.
"Untuk sarana prasarana memang masih kosong. Pasalnya, Pemprov Banten baru membangunkan gedungnya saja, sedangkan untuk isinya seperti furniture, alat kantor, dan kebutuhan lainnya harus disediakan sendiri oleh Pramuka. Oleh karena itu, karena keterbatasan anggaran, maka para pengurus Kwarda Banten, berinisiatif menyumbang untuk memenuhi kebutuhan sarana prasarana tersebut, dalam bentuk barang sesuai kemampuan, seperti, meja, kursi dan lainnya," tutur Cepi, Minggu (8/1).
Kendati demikian, Cepi tidak memungkiri, sejauh ini Pemprov Banten sudah cukup membantu dengan membangunkan gedung kwarda, dan memberikan alokasi anggaran untuk operasional pramuka setiap tahunnya melalui dana hibah, seperti pada tahun 2011 senilai Rp400 juta, dan meningkat di 2012 menjadi Rp1 miliar.
"Kami memang mendapatkan dana hibah untuk operasional Kwarda. Namun, bantuan keuangan dari Pemprov tersebut, hanya cukup untuk operasional seperti bayar listrik, memberikan upah untuk keamanan gedung, serta untuk berbagai kegiatan kepramukaan, tetapi jika untuk membeli furniture anggaran tersebut, tentu tidak mencukupi, dan jika dipaksakan dikhawatirkan untuk kegiatan dan kebutuhan lainnya tidak bisa dipenuhi," ungkapnya.
Cepi mengungkapkan, sebenarnya minimnya sarana prasarana tersebut, tidak menjadi kendala bagi pengurus Kwarda untuk melakukan berbagai kegiatan, namun untuk pelayanan memang kurang maksimal. "Kalau untuk pengurus duduk tanpa kursi juga tidak masalah, justru yang menjadi masalah ketika ada tamu dan lainnya," katanya.
Sedangkan, Menurut HM. Masduki, minimnya sarana dan prasarana di gedung Kwarda, diharapkan tidak menjadi hambatan dalam memberikan pelayanan, serta melaksanakan segala kegiatan pramuka. Pasalnya, sebagai manusia yang memiliki prinsip berusaha, sudah disediakan gedung saja sudah cukup baik.
"Untuk Masalah sarana prasarana, akan dipenuhi secara bertahap. Terpenting saat ini, adalah mencari cara agar ke depan pramuka di Banten lebih baik lagi di segala hal. Oleh karena itu, diharapkan kepada para pengurus harus memiliki semangat untuk membangun Banten melalui pramuka, tidak hanya menumpang nama di kepengurusan pramuka, untuk dijadikan kebanggaan," ujarnya menandaskan. (H-39)***

Dibaca : 320 kali
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.