Header Priangan

Jayabaya tidak Berwenang Duetkan Iti-Ade

Saturday, 07 Jul 2012 | 09:39:42 WIB

RANGKASBITUNG,(KB).-
Bupati Lebak H.Mulyadi Jayabaya dinilai tidak punya kewenangan dan kapasitas menduetkan kader partai pada Pemilukada Lebak 2013, terkait pernyataannya mengawinkan Hj.Iti Oktavia Jayabaya anggota DPR dari Fraksi Demokrat dengan Ade Sumardi Ketua DPRD Lebak dari Fraksi PDIP pada bursa pemilukada.
Pasalnya, kewenangan penetapan kader Partai PDIP untuk maju dalam pemilukada, ataupun berpasangan dengan kader partai politik lainnya merupakan kewenangan penuh Ketua umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri.
"Pasti saja atas nama pengurus PDIP terkejut ketika Bupati Lebak seperti mendahului restu Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri pada momentum Pemilukada Lebak. Sedangkan sampai sekarang ketua umum kami saja belum mengeluarkan restu maupun rekomendasi bagi kadernya di Lebak yang pantas diduetkan dengan kader lain pada pemilukada," tegas Ketua bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) DPD PDIP Banten, Agus R Wisas kepada Kabar Banten, Jumat (6/7).
Agus mengakui, Jayabaya memang sebagai ketua dewan pertimbangan DPC PDIP Lebak. Tetapi soal penentuan siapa kader partai yang akan maju dan yang akan dipasangkan dengan partai lain ada aturan dan mekanismenya, dan hasil penentunya adalah DPP PDIP.
Menurutnya, pernyataan Jayabaya jelas seperti orang yang tidak memahami aturan dan mekanisme di tubuh partai. PDIP sudah jelas melangkah dan menentukan sikap merujuk kepada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga dengan patsun partai.
“Sehingga jelas kewenangan rekomendasi calon bupati maupun wakil termasuk penentu berkoalisi dengan partai lain adalah kewenangan penuh ketua umum DPP Partai PDIP yakni Megawati Soekarno Putri,” ujarnya.
Dibagian lain, Agus meminta kepada seluruh kader Partai PDIP agar solid dan jangan terpengaruh oleh wacana politik yang dapat membenturkan figur terbaik partai. Sebaliknya, sebagai kader partai harus satu komando dan tetap patsun partai menunggu instruksi Ketua Umum DPP PDIP.
"Terkait Pemilukada Lebak kita harus patsun partai dan tetap memegang instruksi Megawati Soekarno Putri," tegas Agus.
Diberitakan sebelumnya, pada acara panen raya di Desa Muara Dua, Kecamatan Cikulur, Bupati Lebak, H. Mulyadi Jayabaya, mengapresiasi harapan masyarakat yang ingin menduetkan Hj. Iti Jayabaya yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat, dengan H. Ade Sumardi yang menjabat sebagai Ketua DPC PDIP, pada Pemilukada Lebak yang akan digelar tahun 2013.
“Saya juga sangat mengapresiasi kepercayaan masyarakat. Mudah-mudahan rencana pencalonan Hj. Iti Oktavia yang akan dipasangkan dengan Pak H. Ade Sumardi yang sekarang dipercaya sebagai Ketua DPRD Lebak ini diberi kelancaran dalam melaksanakan amanah masyarakat,”ujarnya. Seraya menambahkan, rencananya pada pemilukada 2013 akan datang pasangan Hj. Iti dan H. Ade Sumardi didukung sejumlah partai diantaranya Demokrat, PDIP dan partai yang lainnya. (H-20)***

Dibaca : 399 kali
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.