Header Priangan

Pabrik Semen di Cilograng Beroperasi 2013

Thursday, 30 Aug 2012 | 23:04:24 WIB

LEBAK, (KB).-
Pabrik semen milik investor PT Gama Group di Kabupaten Lebak, Banten, diharapkan mulai beroperasi 2013 sehingga dapat menyerap tenaga kerja lokal di daerah itu.
"Pabrik semen itu berada di atas areal seluas 1.000 hektare berlokasi di Kecamatan Cilograng," kata Kepala Bidang Penanaman Modal Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak Agianto Ahmad Tahir di Rangkasbitung, Kamis.
Menurut dia, kehadiran investor yang mengembangkan usahanya di Kabupaten Lebak sangat positif karena dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat.
"Selain itu, bisa mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) serta penyerapan lapangan kerja," katanya.
Pemerintah daerah menyambut baik investor yang akan membuka pabrik semen di Lebak. "Jika PT Gama Group itu membuka pabrik semen dipastikan dapat mengatasi pengangguran dan kemiskinan," katanya.
Ia menjelaskan keberadaan investor sangat membantu pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Selama ini, kata dia, banyak anak-anak usia produktif kesulitan mendapatkan pekerjaan. Mereka untuk mendapat pekerjaan harus ke luar daerah seperti Tangerang, Jakarta, Bekasi dan Bogor.
"Dengan adanya investor itu tentu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.
Ia juga menyebutkan selama ini banyak investor di Kabupaten Lebak membuka usaha bidang pertambangan seperti batu galena, pasir kuarsa, batu bara dan panas bumi.
"Sebab wilayah Kabupaten Lebak memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah di Provinsi Banten, bahkan para investor yang menanamkan modalnya di sektor pertambangan bisa memenuhi kebutuhan nasional," ujarnya.
Menurut dia, setiap hari hasil pertambangan di antaranya batu bara, batu galena dan pasir kuarsa dipasok ke luar daerah.
Ia menambahkan potensi sumber daya alam itu antara lain bidang pertambangan, perikanan, wisata, pertanian, perkebunan, agroindustri dan peternakan.
Saat ini, potensi sumber daya alam di Lebak belum sepenuhnya dilirik oleh investor nasional dan mancanegara. "Kami berharap para investor bisa membuka usaha di Lebak sehingga dapat menyerap lapangan pekerjaan," ujarnya.
Sementara itu sejumlah warga Kabupaten Lebak menyambut positif kehadiran investor yang membuka pabrik semen karena dapat menyerap ribuan orang tenaga kerja lokal.
"Kami berharap investor lain bisa membuka perusahaan lain di bidang pertambangan, pertanian, pariwisata, perkebunan dan peternakan," kata Ahmad Syukur salah seorang warga Kabupaten Lebak. (Ant)***

Dibaca : 563 kali
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.