Header Priangan

Dinsosnakertrans Bedah Rumah Kumuh

Thursday, 13 Sep 2012 | 16:09:54 WIB

Terkait

PANDEGLANG, (KB).-
Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Pandeglang distribusikan bantuan rumah kumuh bagi masyarakat miskin, kemarin. Setiap kepala keluarga yang masuk dalam kategori rumah kumuh, mendapatkan dana untuk rehab rumah sebesar Rp5 juta. Masyarakat yang menerima bantuan berasal dari beberapa kecamatan yang ada di Pandeglang.
Penyerahan bantuan bagi rumah kumuh, dilakukan langsung oleh Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi dan disaksikan Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang, Ilma Fatwa serta Kadinsosnakertrans, Anwar Fauzan.
Anwar mengatakan, pihaknya melakukan survei terhadap masyarakat yang akan menerima bantuan rumah kumuh. Sebelumnya, Dinsosnakertrans mendapatkan data dari pihak kelurahan.
“Mereka mengirimkan data siapa saja yang layak mendapatkan bantuan rumah kumuh. Kemudian dari data itu kami survei. Setelah itu baru dilakukan verifikasi dan persetujuan,” katanya.
Selain dari desa atau kecamatan, ungkap Anwar, pihaknya juga mendapat disposisi dari bupati terkait bantuan rumah kumuh. Tidak jarang, ada masyarakat yang mengajukan proposal langsung ke pemerintah daerah.
Menurut dia, Dinsosnakertrans tidak semata memberikan bantuan untuk rumah kumuh dan tidak layak huni. Adapula bantuan untuk kelompok usaha bersama dan lainnya. Total nilai bantuan yang disalurkan oleh Dinsosnakertrans seluruhnya mencapai Rp2 miliar.
Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang, Ilma Fatwa berharap agar bantuan yang disalurkan ini memberikan manfaat. Masyarakat yang menerima bantuan, diharapkan bisa maksimal memanfaatkan dana bantuan tersebut untuk perbaikan rumah mereka.
“Adanya bantuan ini digunakan untuk perbaikan rumah. Sebab sasaran dari bantuan ini untuk rumah tidak layak huni,” katanya.
Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi mengatakan, bantuan yang diberikan pemerintah memang tidak besar. Meski begitu, masyarakat diminta untuk memanfaatkannya secara maksimal. Masyarakat juga diminta untuk giat bekerja untuk kehidupan yang lebih layak. (H-18)***

Dibaca : 158 kali
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.