Header Priangan

KPUD Verifikasi Faktual Parpol

Friday, 02 Nov 2012 | 11:38:32 WIB

PANDEGLANG, (KB).-
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang melakukan verifikasi faktual terhadap kepengurusan partai politik yang lolos dalam verifikasi. Lima anggota KPU, melakukan verifikasi ke partai politik yang dinyatakan lolos dalam verifikasi oleh KPU pusat.
Berdasarkan pantauan, komisioner KPU Pandeglang terlihat berada di kantor DPD Golkar Pandeglang, DPD PKS Pandeglang dan DPC Partai Demokrat Pandeglang. Verifikasi dilakukan oleh masing-masing komisioner yang dibantu oleh staf KPU.
Di kantor DPD PKS Pandeglang misalnya, komisioner KPU mengecek susunan kepengurusan DPD PKS. Bukan hanya itu, komisioner KPU juga mempertanyakan mengenai kepemilikan kantor, susunan kepengurusan maupun lainnya.
Hal serupa juga terlihat di kantor DPD Golkar Pandeglang. Di kantor berlambang beringin ini, komisioner KPU juga mempertanyakan mengenai susunan kepengurusan, kepemilikan kantor maupun lainnya. Hal serupa juga terlihat di kantor DPC Demokrat.
Ketua harian DPD Golkar Pandeglang, H. Wawan Gunawan mengatakan, komisioner yang datang ke kantor Golkar adalah Budi Prakoso. Kedatangan Budi didampingi dengan staf KPU. Kepada komisioner KPU, Wawan memberikan data yang sudah disiapkan.
“Bahkan, komisioner KPU ini menanyakan kepemilikan gedung, kepengurusan maupun lainnya. Seluruhnya sudah kami sampaikan. Bahkan, terkait keterwakilan perempuan juga sudah disampaikan,” katanya.
Hal serupa juga dikemukakan Ketua DPD PKS Pandeglang, M. Mahfud. Dia mengungkapkan, komisioner KPU menanyakan kelengkapan kepengurusan PKS. PKS memberikan data serta kebutuhan dalam verifikasi.
Mahfud menambahkan, PKS juga sedang mendata jumlah calon untuk legislatif nanti. Ini merupakan bagian dari keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.
Sementara itu, Ketua Demokrat Pandeglang, Yoyon Sujana mengatakan, semua yang dibutuhkan dan ditanyakan oleh KPU sudah dijawab. Saat ini, pihaknya menunggu rencana KPU melakukan pengecekan terhadap anggota partai yang ada di tingkat kecamatan.
Komisioner KPU Pandeglang, Ida Jahidatul Falah yang ditemui wartawan mengatakan, saat ini seluruh anggota KPU serentak melakukan verifikasi faktual terhadap partai politik. Setiap anggota, ada yang mendatangi tiga hingga empat partai politik.
Terkait kemungkinan adanya protes dari partai politik yang tidak masuk dalam verifikasi, Ida mengatakan, hingga saat ini tidak ada protes dari pengurus partai. Apalagi, penentuan lolos atau tidaknya verifikasi dilakukan oleh komisioner KPU pusat.
“Terkait keanggotaan, kami akan melakukan pengecekan secara acak ke setiap partai. Rencananya hal itu akan dilakukan setelah proses verifikasi kepengurusan partai selesai,” katanya. (H-18)***

Dibaca : 239 kali
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.