Header Priangan

Pabrik Semen Segera Beroperasi

Wednesday, 05 Dec 2012 | 11:19:55 WIB

RANGKASBITUNG, (KB).-
Pabrik semen PT Gama Grup rencananya awal tahun 2013 mendatang akan beroperasi di lahan seluas 1400 HA di kecamatan Bayah dan Cilograng Kabupaten Lebak.
Kepastian rencana pembangunan pabrik semen itu disampaikan Bupati Lebak, H. Mulyadi Jayabaya di depan stan pameran PT Grup pada acara peringakatan HUT Lebak ke 184.
Dihadapan sejumlah undangan dan pengunjung pameran, Bupati Jayabaya menyatakan, pembangunan pabrik semen yang diberinama merah putih itu merupakan kelanjutan dari rencana yang diprakarsai oleh PT Boral.
“Awalnya memang PT Boral yang akan membangun pabrik semen itu. Namun karena adanya hantaman krisis ekonomi global, PT Boral kemudian mundur dan melepas seluruh asset untuk pembangunan pabrik semen itu ke Gama. Kami berharap rencana ini bisa seger terwujud karena akan memberikan dampak yang sangat postif bagi masyarakat dan daerah,” ujar Bupati Jayabaya
Sementara itu petugas Bidang Enginering PT Gama Grup Handy menyatakan, Pabrik semen yang dibangun di Lebak masuk kategori pabrik semen terbesar di Indonesia sebab kapasitas satu unit linker dapat menampung sebanyak 9.000 ton bahan baku semen
“Produksi bahan baku semen yang menggunakan batukapur dan tanah liat ini cukup melimpah di daerah setempat sehingga kami optimis untuk pemenuhan kebutuhan bahan baku ini dapat mencukupi,” kata Handi, kemarin.
Menurutnya, pihaknya menargetkan produksi semen di Kabupaten Lebak mencapai empat juta ton pertahun sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar nasional.
“PT Gama grup tidak memasok produksi semen ke luar negeri karena permintaan semen di dalam negeri sangat tinggi,” ujarnya.
Dijelaskan, kehadiran pabrik semen dari PT Gama Grup ini bila sudah beroperasi diperkirakan akan menyerap lapangan pekerjaan tenaga lokal sekitar 800 orang.
”Karena itu kami berharap pembangunan pabrik semen yang dibangun di wilayah Lebak bagian selatan ini dapat berjalan lancar dan sukses,” katanya.
Sementara itu Kepala Bidang Penanaman Modal Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Lebak, Agianto Ahmad Tahir mengatakan, kehadiran investor yang mengembangkan usaha di kabupaten Lebak tentu sangat positif karena secara langsung dapat menumbuhkan usaha ekonomi bagi masyarakat, serta dapat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).
“Selain itu, kehadiran investor yang berinvestasi di daerah ini juga berdampak positif terutama bagi para pencari kerja di daerah ini. Pemerintah daerah menyambut baik kehadiran investor yang akan membuka pabrik semen di Lebak karena dengan dapat membuka peluang bekerja bagi warga daerah ini,”katanya. (H-22) ***

Dibaca : 1468 kali
Ada 3 Komentar untuk berita ini Kirim Komentar Anda
  1. muhamad suten aji

    Comment Arrow Tuesday, 07 May 2013 | 22:15:50 WIB

    minta cara nglmarnya dong.. pngen nglmar dstu


  2. agusdanadyaksa@yahoo.co.id

    Comment Arrow Saturday, 27 Jul 2013 | 02:13:46 WIB

    pembukan karyawan kapan.... dan cr nya gmn.


  3. Angel Maximilan

    Comment Arrow Tuesday, 29 Oct 2013 | 17:15:56 WIB

    Apakah dampak lingkungan sudah benar dan sesuai. 1. Apakah pembangunan di lalukakan di tanah adat. 2. Apakah seluruh komponen masyarakat sudah siap akan segala konsekwensi yang timbul, terhadap alam dan masyarakat. Terima kasih


Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.