Header Priangan

Bendungan Pamarayan Siaga II

Monday, 07 Jan 2013 | 10:35:09 WIB

SERANG, (KB).-
Debit air di Bendungan Pamarayan, Kabupaten Serang terus mengalami peningkatan. Minggu (6/1) pukul 15. 00 WIB debit air mencapai 1.332 meter kubik per detik. Debit air tersebut masuk dalam kategori siaga II untuk kejadian bencana alam banjir. Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang juga sudah menyiagakan pasukan untuk segera mengantisipasi kemungkinan banjir.
Kepala UPTD Bendungan Pamarayan Hermanto mengatakan, Minggu (6/1) pukul 14.00 WIB debit air mencapai 1.295 meter kubik per detik, kemudian meningkat kembali pada pukul 15.00 WIB, yaitu 1.332 meter kubik per detik.
"Di daerah hulu sungai, yaitu Bojong Manik, Lebak, masih hujan. Kami terus memantau, kemungkinan ada kenaikan lagi, kalau di hulunya masih hujan," katanya, Minggu (6/1).
Kondisi debit air termasuk kategori normal, yaitu 700 meter kubik per detik, sedangkan kategori siap debitnya 750-1.000 meter kubik, siaga 1.000-1.300, awas 1.300-1.800 dan bahaya 1.800-2.500.
"Kami juga sudah lapor ke BPBP, DPU, Balai Besar, BKSDA dan instansi terkait lainnya," katanya.
Kepala DPU Kabupaten Serang Irawan Nur mengatakan, sudah menerima laporan bahwa debit Sungai Ciujung sudah lebih dari 1.000 meter kubikper detik. "Permukaan air di Desa Undar Andir, Kragilan sudah mulai naik. Informasinya, di Lebak masih hujan. Jika debit air sudah di atas 1.000 meter kubik per detik maka Pamarayan waspada mengendalikan banjir, karena yang mengalir di Ciujung ada dua anak sungai yaitu Ciujung Hulu dan Ciberang, bertemu di Rangkasbitung," ungkapnya.
Kepala BPBD Kabupaten Serang Hulaeli Asyikin mengatakan, sudah memerintahkan camat dan kepala desa untuk memeringatkan warga yang berdomisili di sekitar aliran Sungai Ciujung, seperti Desa Undar Andir, Desa Dukuh (Kecamatan Kragilan), Desa Nagara, Kecamatan Kibin, dan desa-desa serta kecamatan lainnya yang tahun sebelumnya terkena banjir luapan air Sungai Ciujung, untuk tetap waspada. Selain itu, personel kemanusiaan dari BPBD juga sudah digerakkan ke lokasi.
Menurut informasi dari camat, air masih jauh dari permukiman. Kendati demikian, pihaknya tetap siaga. "Sekarang, semua lini sudah siap, Brimob, Polsek, Koramil, dan lain-lain. Pokoknya, semua lini sudah disiagakan, mudah-mudahan tidak terjadi banjir," ungkapnya. (H-40)***

Dibaca : 356 kali
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.